Full width home advertisement

Guru

SDM Unggul

Post Page Advertisement [Top]

Belajar Efektif
Henry Brooks Adams, seorang pakar pendidikan pernah mengatakan tentang belajar, "They know enough who know how to learn.

Adams serentak menawarkan 4 langkah belajar efektif yang dimulai dari kata kerja mengetahui: (1) diri kita sendiri, (2) kemampuan belajar kita, (3) Proses yang kita butuhkan dan sudah berhasil, serta (4) minat dan pengetahuan akan ”pelajaran” yang kita inginkan.

Bisa jadi seseorang belajar fisika dengan sangat mudah, misalnya mantan Presiden Habibie. Tetapi serentak ia bisa saja kesulitan belajar seni. Demikian sebaliknya. Ternyata, belajar apapun adalah proses untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

Secara ringkas bisa dibentangkan 4 langkah yang layak kita coba untuk belajar dengan baik, yakni dengan memulai dengan menjawab pertanyan-pertanyaan di bawah ini dan selanjutnya rencanakan strategimu berdasarkan jawaban-jawabanmu tadi, dan perkaya dengan "pedoman belajar" lainnya.


Mulai Dengan Masa Lalu [Past]
(1) Bagaiman pengalaman Anda tentang “cara belajar”?
  • apakah Anda senang membaca, memecahkan masalah, menghafal, bercerita, menterjemahkan, berpidato, mengetahui cara mind-mapping ?
  • sudah bertanya pada diri Anda sendiri tentang apa yang Anda pelajari?
  • sudah meninjaunya kembali?
  • punya akses informasi dari banyak sumber?
  • menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
  • memerlukan waktu yang singkat atau panjang untuk belajar?
(2) Apa kebiasaan belajar Anda?
  • bagaimana mengaturnya?
  • mana terbaik?
  • mana yang terburuk?
(3) Bagaimana Anda berkomunikasi dan apa yang Anda ketahui tentang belajar paling baik?
  1. melalui ujian tertulis,
  2. melalui presentasi naskah?
  3. melalui wawancara?

Lanjutkan Ke Masa Sekarang [Present]
(1) Seberapa jauh minat belajar Anda?
  • Berapa banyak waktu Anda gunakan untuk belajar?
  • Apa saja kendala yang Anda hadapi ketika belajar?
(2) Apakah kondisi [sekarang] sudah tepat dalam meraih sukses?
  • Apa yang bisa Anda control, dan apa yang di luar kontrol Anda?
  • Bisakah saya merubah kondisi tersebut menuju sukses?
(4) Apa yang mempengaruhi pembaktian Anda terhadap pelajaran ini?

(5) Apakah Anda punya rencana “ke depan”?
  • Apakah rencana Anda sudah dipertimbangakan dengan membandingkan pengalaman dan gaya belajar Anda?

Pertimbangkan Proses, Persoalan Pokok [Future]
(1) Apa tema persoalan pokok/mendasar yang sedang Anda hadapi?
  • apa kunci kata yang pas untuk menggambarkannya?
  • apakah Anda (sungguh) memahami persaolan tersebut?
(2) Apakah yang telah Anda ketahui?
  • apakah saya mengetahui persoalan sejenis lainnya?
(3) Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu Anda?
  • apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
  • apakah Anda perlu mencari sumber-sumber lain?
(4) Sewaktu Anda belajar,
  • apakah Anda bertanya diri sendiri jika Anda mengerti, atau sebaliknya Anda mengabaikannya?
  • jika Anda tidak mengerti, apakah Anda bertanya ”kenapa”?
(5) Apakah Anda berhenti dan meringkas (resume)?
  • Apakah Anda berhenti dan bertanya jika hal ini logis?
  • Apakah Anda berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?

(6) Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan berpikir kembali?
  • Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?

(7) Apakah saya perlu mencari
  • para ahli?
  • guru?
  • pustakawan?
  • etc?

Buat Review
  1. Apakah kerjaan saya benar?
  2. Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
  3. Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
  4. Apakah saya memilih kondisi yang benar?
  5. Apakah saya meneruskannya?
  6. Apakah saya disipline pada diri sendiri?
  7. Apakah Anda sukses?
  8. Apakah Anda merayakan kesuksesan Anda?


** Disarikan ulang oleh Lusius dari Metacognition (Flavell, 1976); SNOW (Special Needs Opportunity Windows).

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib